Minggu, 10 Januari 2016

Lambang Pramuka Indonesia Tunas Kelapa

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Salam Pramuka.
Tunas Kelapa - Lambang gerakan pramuka indonesia


 Oke kakak, setelah kita membahas article tentang devinisi pramuka serta seperti apa gambaran pramuka itu pada article sebelumnya, pastinya kakak udah tahu seperti apa pramuka. Dan sebelumnya untuk kebersamaan satu sama lain dalam kepramukaan kita menyapa "kakak" jadi tidak salah kalau melalui blog ini saya menyapa kakak agar terbiasa buat para readers meskipun nantinya akan ada pembahasan khusus untuk sapaan atau pun panggilan. baiklah sekarang kita akan membahas tentang " Apa Lambang Gerakan Pramuka Indonesia? "tentunya kakak sudah tidak langka lagi wawasannya seputar pramuka yang mempunyai lambang "Tunas Kelapa". Dan Kenapa harus "Tunas Kelapa" ? 

   Tunas Kelapa memiliki banyak filosofi serta bisa bertahan hidup untuk segala tempat dibandingkan dengan tumbuhan lainnya. Tidak hanya itu, ketika sudah berusia bertahun - tahun tumbuhan ini bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Antara Lain sebagai berikut :

  • Akar yang kuat bisa berguna sebagai obat-obatan yang harus melalui proses tertentu.
  • Pohon bisa digunakan sebagai papan kerangka rumah.
  • Daun nya bisa digunakan sebagai bahan anyaman yang bisa digunakan untuk dinding atau tempat jemuran keripik, ikan kering, dan sebagainya.
  • Lidi bisa disatukan menjadi sapu lidi.
  • Buah bisa dinikmati apalagi dengan beragam species dari kelapa. Dengan isi dan air yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
  • Tempurung bisa menjadi bagian dari arang. Bahkan disebagian daerah diindonesia tempurung menjadi karya seni dengan dijadikan asbak, gantungan kunci serta kreasi lainnya.
  • Kulit bisa dijadikan sebagai tali yang membutuhkan proses tertentu.
  • Daging jika masih terlalu muda pastinya setiap orang sangat menikmatinya, jika sudah agak matang daging nya bisa dijadikan patarana (PLIEK sebutan oleh orang aceh) yang sering digunakan oleh atnies aceh untuk membuat "Kuah Pliek" dengan rasa yang khas serta campuran sayur-sayuran tertentu. Jika dagaing yang sudah menjadi ampas sebagian orang bisa menggunakannya sebagai umpan ikan yang digunakan dalam kranjang ikan ( Ubee atau Lhok - sebutan oleh orang aceh) . Daging kelapa juga bisa menghasilkan minyak dengan bau yang sangat khas, namun demikian minyak tersebut sering digunakan sebagai obat penurun panas.

  Dari penjelasan kegunaan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa filosofi dari tunas kelapa. Anggota pramuka bisa hidup dimana-mana baik dalam sosial masyarakat dan berpetualang dialam bebas sesuai dengan citra tunas kelapa yang bisa tumbuh dimana-mana. Dalam masyarakat bisa menjadi ujung tombak sosial dan budaya, untuk Alam bebas mampu bertahan hidup yang pastinya sangat sesuai dengan cinta alam serta pelestariannya. Pramuka juga bisa menjadi kerangka dalam kehidupan untuk menjadi sukses, karna dalam pramuka terdapat banyak sekali ilmu yang bisa diterapkan di kemasyarakatan mulai dari penyuluhan dibidang kesehatan, pembangunan, keagamaan, Bakti sosial, Santunan serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan interaksi masyarakat.

Photo Documentasi : Jamboree Cabang tahun 2011 
Kwartir Cabang Pidie Kwartir Daerah Aceh
di Bumper  Beungga Kec. Tangse Kab. Pidie Prov. Aceh
       
 Untuk Kegiatan scoutingskill juga bisa membuat pribadi anggota menjadi tangguh bahkan menciptakan kelompok yang handal atau biasa disebut barung / regu/ sangga, mulai dari kegiatan Tali temali. Mengajarkan kita bagaimana membuat tandu seperti yang dipraktekkan oleh adek-adek penggalang ini :

Photo Documentasi : Jamboree Cabang tahun 2011 
Kwartir Cabang Pidie Kwartir Daerah Aceh
di Bumper  Beungga Kec. Tangse Kab. Pidie Prov. Aceh
Tidak hanya itu, pramuka juga punya materi untuk P3K ( pertolongan pertama pada kecelakaan ). Mulai dari penyiapan kotak p3k serta obat-obatan medis untuk kesiapan dalam menghadapi kecelakaan yang bersifat darurat dengan menggunakan peralatan disekitar kita dengan seadanya dengan konsep steril dan tidak membahayakan. Pastinya butuk materi dan kecakapan khusus. seperti yang dipraktekkan dalam foto ini :




Photo Documentasi : Jamboree Cabang tahun 2011 
Kwartir Cabang Pidie Kwartir Daerah Aceh
di Bumper  Beungga Kec. Tangse Kab. Pidie Prov. Aceh

nah dari penjelasan diatas kakak sedikit banyaknya sudah tahu wawasan kepramukaan, dan satu lagi kenapa lambang pramuka diambil dari tunas kelapa ? kenapa tidak dengan pohon kelapa nya? banyak pendapat dan filosofi untuk hal tersebut namun dipilih tunas kelapa atau pun cikal bakal nya karna pramuka itu punya proses dan jenjang untuk menjadi generasi scouting yang handal dan mampu menjadi pemimpin layaknya pandu sejati : SCOUT TODAY LEADER TOMORROW :)

Mungkin hanya itu yang dapat dijelaskan .. semoga bermanfaat bagi kakak ..

Salam Pramuka :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar